Thursday, October 28, 2010

PANCASILA

Pancasila adalah dasar filsafat Negara Republik Indonesia yang secara resmi disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 dan tercantum dalam pembukaan UUD 1945,diundangkan dalam berita republik Indonesia tahun II No.7 bersama-sama dengan batang tubuh UUD 1945.
Tujuan Pancasila yaitu sebagai dasar Negara republik Indonesia,yang hal direalisasikan melalui ketetapan sidang istimewa MPR tahun 1998 No.XVIII/MPR/1998 disertai dengan pencabutan P-4 dan sekaligus juga pencabutan pancasila sebagai satu-satunya asas bagi orsospol di Indonesia .
Landasan Pendidikan Pancasila :
1. Landasan Historis
2. Landasan Kultural
3. Landasan Yuridis
4. Landasan Filosofis
Tujuan Pendidikan Pancasila
Tujuan pedidikan diartikan sebagai seperangkat tindakan intelektual penuh tanggung jawab yang berorientasi pada kompetensi mahasiswa pada bidang profesi masing-masing.Pendidikan Pancasila bertujuan untuk menghasilkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa .dengan sikap dan berprilaku:
1. memiliki kemampuan untuk mengambil sikap yang bertanggung jawab sesuai dengan hati nuraninya.
2. memiliki kemampuan untuk mengenali masalah hidup dan kesejahteraan serta cara-cara pemecahannya.
3. mengenali perubahan-perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni serta memiliki kemampuan untuk memaknai peristiwa sjarah dan nilai-nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia.

Pancaila sebagai sistem filsafat
A.pengertian Filsafat
Secara etimologis istilah “filsafat”berasal dari bahasa Yunani”philein”yang artinya “cinta”dan”sophos”yang artinya”hikmah”atau “kebijaksanaan”atau “wisdom”(nasution.1973).jadi secara harfiah istilah”filsafat”mengandung makna cinta kebijaksanaan.
Keseluruhan arti filsafat yang meliputi berbagai masalah tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua macam sebagai berikut.
Pertama:Filsafat sebagai produk yang mencakup penegrtian.
1. Filsafat sebagai jenis pengetahuan,ilmu,konsep,pemikiran-pemikiran dari para fiilsuf pada zaman dahulu yang lazimnya merupakan suatu aliran atau sistem filsafat tertentu misalnya rasionalisme,materialisme,pragmatisme dan lain sebagainya.
2. Filsafat sebagai suatu jenis problema yang dihadapi oleh manusia sebagai hasil dari aktivitas berfilsafat.jadi manusia mencari suatu kebenaran yang timbul dari persoalan yang bersumber pada akal manusia.
Kedua : Filsafat sebagai suatu proses yang dalam hal ini filsafat diartikan dalam bentuk suatu aktifitas berfilsafat dalam proses pemecahan suatu permasalahan dengan menggunakan suatu cara dan metode tertentu yang sesuai dengan objeknya.Dalam pengertian ini filsafat merupakan suatu sistem pengetahuan yang bersifat dinamis.

Cabang-cabang filsafat adalah :
1. metafisika
2. epistemology
3. metodolgi
4. logika
5. etika
6. estetika

No comments:

Post a Comment